Pilihan Tempat Berbuka Puasa Yang Asik di Jogja

Momen bulan ramadhan adalah momen yang sangat spesial setiap tahunnya. Bulan yang penuh barokah ini banyak memberikan kesempatan bagi setiap umat Islam untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Source: kompasiana.com

Ada hal yang hal yang lazim direncanakan oleh setiap orang ketika di bulan ramadhan yaitu merencanakan Bukber atau Buka Bersama.  Buka bersama alumni, teman kuliah atau teman sekolah seangkatan maupun teman kerja bisa jadi panjang ceritanya jika tidak segera ditentukan pilihan tempatnya, bisa-bisa keburu lebaran bukbernya belum juga terlaksana.

Maka dari itu di artikel ini squal Gudeg Bu Tjitro 1925 akan membagikan pilihan tempat buka bersama untuk para pembaca blog Gudeg Bu Tjitro 1925.  Baik, langsung saja ini adalah daftar pilihan tempat buka bersama paling enak dan seru di Kota Yogykarta.

Jajanan Pasar Sepanjang Jalan Agro Sampai Lembah UGM

source: anekawisata.com

Setiap bulan puasa mulai dari depan Fakultas Teknik UNY sampai ke Jl. Agro UGM bahkan sampai ke sekitaran Masjid Kampus UGM banyak sekali penjual berbagai jenis jajanan pasar dan menu buka bersama. Mulai dari es buah, es pot, tahu gejrot bahkan menu-menu yang lagi booming seperti es kepal milo tidak sulit ditemukan di sekitaran Fakultas Teknik UNY ini.

Masjid Kampus UGM

source: ramadhandikampus.com

Berbuka puasa di Masjid UGM juga bisa jadi pilihan yang menarik bagi teman-teman yang ingin hemat pengeluaran, karena di Masjid UGM seringkali di bulan ramadhan mengadakan acara rutin Ramadhan di Kampus yang mana setiap buka puasa akan membagikan menu buka bersama secara gratis.

Di Sayidan

Di sebelah barat ke arah selatan jembatan Sayidan setiap bulan ramadhan ada warga-warga sekitar yang berjualan menu untuk berbuka puasa, mirip seperti yang ada di sekitar jalan Agro UGM, di Sayidan ini bisa jadi pilihan yang cukup dekat bagi anda yang sedang berada di sekitar Titik Nol Malioboro saat menjelang adzan maghrib.

Alun-Alun Selatan (Alkid)

source: jogjaspace.com

Alun-alun selatan atau dalam bahasa jawanya disebut alun-alun kidul (Alkid) juga jadi tempat pilihan yang menarik bagi yang ingin merasakan sensasi bebuka puasa lesehan dengan pemandangan sepeda hias khas alun-alun kidul Yogyakarta bersama teman-teman.

Gudeg Bu Tjitro 1925

khaergraphy

Restoran Gudeg Bu Tjitro 1925 bisa jadi pilihan paling nyaman bagi yang ingin berkumpul dan menikmati hidangan khas Yogyakarta dengan nuansa klasik.  Didukung pelayanan yang ramah dan menu-menu berbuka puasa yang banyak pilihannya akan semakin melengkapi momen buka bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Dimana tempat buka bersama favorit kalian?

7 Tips Agar Liburan Ke Jogja Semakin Menyenangkan

7 Tips Agar Liburan Ke Jogja Semakin Menyenangkan – Julukan kota wisata di Yogyakarta sangatlah tepat mengingat begitu banyaknya tempat wisata di kota ini. Meskipun ramai setiap harinya dikunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri, Jogja tetaplah kota yang masih masuk ke kategori kota berkembang. Belum semua fasilitas umum yang ada di Jogja mampu memanjakan hasrat wisatawan untuk berwisata secara efektif di Jogja. Bagi yang belum pernah ke Jogja sama sekali, dirasa perlu banyak mencari informasi secara lengkap terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berlibur ke Jogja, yang mana tujuannya agar waktu selama liburan di Jogja dapat dimanfaatkan secara maksimal tentunya.

Tapi jangan khawatir, karena tim Gudeg Bu Tjitro 1925 akan memberikan 7 Tips agar liburanmu ke Jogja semakin menyenangkan. Penasaran apa saja tipsnya, yuk langsung saja simak beberapa tips berikut ini.

source: initempatwisata.com

1. Pilih Tempat Wisata Yang Akan di Kunjungi Dengan Banyak Pertimbangan

Memilih tempat wisata di Jogja sendiri termasuk gampang-gampang susah, karena begitu banyaknya tempat wisata yang memiliki daya tarik di Jogja dan terlebih semakin sulit karena banyaknya fotografer handal yang bisa menampilkan  tempat yang biasa-biasa saja menjadi menarik di Foto. Maka saran dari kami bacalah secara detail dari berbagai sumber tentang tempat yang ingin di kunjungi selama di Jogja. Pada artikel sebelumnya juga kami pernah membahas tentang 7 Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta Versi Bu Tjitro yang sangat bisa kalian pertimbangkan sebagai pilihan wisata sob.

source: wisataku.id

2. Hitung Secara Rinci Biaya Masuk Suatu Tempat Wisata

Tempat wisata di Jogja begitu banyak, mulai dari yang gratis di kunjungi sampai tempat yang karcis masuknya bisa sampai 70 ribuan.  Maka dari itu perlu juga dialokasikan anggaran ke masing-masing tempat supaya nggak kaget waktu sampai di lokasi wisatanya ya sob.

source: panduanwisata.id

3. Cari Penginapan Dari Jauh-Jauh Hari

Tempat menginap adalah hal yang nggak boleh disepelekan di Jogja ya sob, supaya nantinya kamu bisa istirahat dengan nyaman selama di Jogja. Walaupun di Jogja ada banyak sekali hotel dan penginapan tapi tetap saja tidak disarankan pergi ke Jogja sebelum tahu kamu akan menginap dimana nantinya, karena sering kali di musim liburan hotel-hotel sudah pada penuh dari beberapa minggu sebelum liburan. Selain itu penginapan-penginapan juga jarang ada yang kosong di saat musim-musim liburan. Apa lagi liburan akhir tahun (tahun baru), Kota Jogja biasanya dipenuhi oleh pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia, maka dari itu siapkan penginapan dari jauh-jauh hari ya sob.

source: flickr

4. Sewa Kendaraan Pribadi

Ini point yang paling penting perlu di perhatikan sejak pertama sampai di Jogja. Transportasi umum di Jogja masih sangat terbatas, armada angkutan umum juga hanya sedikit di Jogja, tidak seperti Bandung & Jakarta yang bisa dengan mudah ditemukan angkot-angkot ataupun bus kota. Untuk di sekitar kota sendiri sekarang sudah cukup terbantu dengan adanya ojek on demand atau ojek online. Namun untuk ke wilayah yang cukup jauh dari kota seperti ke Pantai, Gunung Api Purba dan Candi Borobudur sangat tidak disarankan kalau hanya mengandalkan ojek online. Akan jauh lebih efisien kalau kamu menyewa kendaraan sendiri selama di Jogja sob, di Jogja sendiri cukup mudah ditemui jasa rental motor ataupun mobil. Ini bisa jadi pilihan yang menarik sob agar bisa leluasa kemana-mana selama di Jogja.

source: blogspot.com

5. Pahami Kebiasaan dan Budaya Masyarakat Yogyakarta

Yogyakarta sangat kental dengan adat dan budaya Jawa, kota yang dipimpin oleh Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X ini memiliki banyak sekali keunikan yang tidak dimiliki oleh kota lain yang ada di Indonesia. Mulai dari sopan santun warganya, kepatuhan masyarakatnya terhadap raja, tempat-tempat yang mereka yakini punya cerita bersejarah, hingga sajian kuliner yang ada di Yogyakarta. Untuk membaca tentang keunikan kuliner khas Yogyakarta, tim Bu Tjitro juga pernah membuat artikel di blog ini yang membahas tentang keunikan kuliner khas Yogyakarta.

khaergraphy

6. Nikmati Suguhan Wisata Kesenian Kota Jogja

Jogja sebagai kota dengan segudang karya seni bukanlah sekedar isapan jempol belaka, ruang bagi seniman berkerya di Jogja begitu nyata dari setiap sudut kota Jogja kita bisa saksikan karya dari mulai kerajinan tangan buatan masyarakat Jogja, street art, tak kalah menarik juga seni musik yang begitu berkembang pesat di Jogja, mulai dari pengamen-pengamen menampilkan sajian musik secara unik sampai band-band besar juga tumbuh terus berkarya di Kota ini seperti Sheila on 7, Jikustik, Endank Soekamti hingga Shaggy Dog semua tumbuh dari Kota Jogja lho sob.

Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925

7. Cari Oleh-Oleh Untuk Keluarga di Rumah

Nah, tadi sudah ada 6 tips yang kita share untuk persiapan selama di Jogja, tapi selain bersenang-senang di Jogja, jangan lupakan keluarga dirumah juga ya sob. Buat mereka senang juga dengan membawakan oleh-oleh yang khas di Kota Jogja. Banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa, mulai dari gantungan kunci, baju dengan tulisan “I Love Jogja”, batik Jogja, ataupun makanan khas Jogja? Kok makanan, apa nggak basi kalo di bawa pulang? Nah jangan khawatir sob, di Jogja ada restaurant Gudeg paling legendaris yang sudah ada sejak tahun 1925. Restaurant Gudeg ini berinovasi mengembangakan makanan khas Jogja (Gudeg). Gudeg dari yang sebelumnya tidak tahan lama sekarang sudah ada yang dikemas dalam bentuk kaleng.  Berkat inovasi tim Bu Tjitro 1925, Gudeg Kaleng ini jadi tahan sampai 1 tahun sob, jadi kamu nggak perlu khawatir akan basi kalau dijadikan oleh-oleh keluarga dirumah. Dimana carinya? Untuk cari gudeg kaleng sendiri kamu bisa langsung dateng ke Restaurant Gudeg Bu Tjitro 1925 ya sob, alamatnya di sini sob: Jalan Janti No. 330, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281  tepat di seberang Jogja Expo Center.

Nah gimana sob, bagi yang pernah ke Jogja, silahkan tambahkan komentar kalian ya apa lagi tips yang perlu diketahui oleh pengunjung yang akan ke Jogja. Bagi yang mau request review tentang hal unik lainnya di Jogja, silahkan komentar ya. Selamat berlibur ke Yogyakarta.

7 Fakta Unik Tentang Gudeg Jogja

7 Fakta Unik Gudeg Jogja

Yogyakarta memang tidak di ragukan lagi dalam hal “Keistimewaannya” karena begitu banyak hal unik yang terjadi baik secara alami maupun secara terencana di kota ini. Kota yang dipimpin langsung oleh Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X ini memiliki icon kuliner yang begitu unik mulai dari rasa, bentuk dan bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas kota Jogja ini. Apa lagi kalau bukan Gudeg. Makanan yang paling melekat dengan nama kota Jogja yang juga mendapat julukan “Kota Gudeg”. Lalu apa saja fakta unik tentang gudeg Jogja ini? Yuk simak berikut adalah 7 fakta uniknya sob.

Sudah Ada Sejak Abad 16

Gudeg Tertua di Yogyakarta

Tahu ngga sob, Gudeg ternyata sudah ada sejak dari abad 16.  Konon eksistensi Gudeg sejak abad 16 sudah ada di kota kerajaan Mataram ini. Mulai dari makanan para warga Yogyakarta, hingga makanan para abdi dalem / penghuni di Kraton Yogyakarta. Nah sob, kalau penasaran gimana rasanya makan makanan orang-orang di kraton, jangan bingung, langsung saja cobain Gudeg.

Terbuat dari Nangka

bahan-dasar-pembuatan-gudeg

Bahan utama Gudeg umumnya ternyata berasal dari nangka muda yang di olah secara khusus lho sob. Nangka muda yang biasanya berwarna putih, setelah diolah menjadi gudeg warnanya akan berubah menjadi cokelat kemerah-merahan sob. Tentu saja dengan bahan yang alami dan aman.

Gudeg Memiliki Gizi Yang Tinggi

7-fakta-paling-unik-tentang-gudeg-yogyakarta

Menurut Mudjiadi Giarto yang merupakan seorang profesor sekaligus peneliti di Pusat Kajian Makanan Tradisional (PMKT), Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM, “Sudah diteliti secara keilmuan, gudeg memiliki banyak kandungan serat baik yang larut maupun tidak larut yang cukup tinggi. Dengan begitu serat akan membersihkan usus besar. Ini mengapa orang Yogyakarta sangat minim menderita kanker usus besar, memperbaiki metabolisme, memperkuat tulang. Fosfor akan membentuk energi. Angka harapan hidup rata-rata di Indonesia adalah 67 tahun. Sementara itu di Yogyakarta angka harapan hidupnya mencapai 77,7 tahun. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi gudeg yang cukup tinggi”, dikutip dari KompasTravel, Rabu (16/11/2016).  Jadi Gudeg ternyata sangat baik sob untuk kesehatan kita semua.

Ada Gudeg Dari Bahan Selain Dari Nangka

gudeg-rebung-jogja
source: panduanwisata.id

Selama ini yang pada umumnya masyarakat secara luas mengetahui bahwa Gudeg hanya berbahan pokok dari Nangka muda. Namun tahu ngga sob, ternyata ada juga lho Gudeg yang dibuat dari bahan pokok selain nangka. Selain dari nangka, ada juga Gudeg yang dibuat dari bahan pokok Rebung atau tunas Bambu muda. Selain dari Rebung ada juga Gudeg Manggar, yaitu Gudeg yang mana bahan pokoknya dibuat dari Manggar atau  Bunga Kelapa yang masih muda.

Gudeg Rasa Rendang

Gudeg Rendang

Gudeg kok rasa rendang? Nah sob yang ini memang sangat unik, kalau Gudeg biasanya rasanya manis berbeda dengan fakta unik yang satu ini. Kini sudah ada inovasi resep gudeg dari rasa original menjadi Gudeg dengan rasa rendang. Dimana tempat untuk mencoba gudeg dengan rasa rendang? Untuk Gudeg rasa rendang ini spesial hanya ada di Gudeg Bu Tjitro 1925 sob. Penasaran seperti apa rasanya? Bisa kok langsung di pesan disini. 

Tersedia Dalam Kemasan Kaleng

Gudeg Kemasan Kaleng Yogyakarta

Gudeg Jogja memang begitu istimewa, namun dibandingkan dengan makanan khas daerah lain seperti rendang dari Padang, bakso dari Malang, maupun pempek dari Palembang, Gudeg termasuk makanan yang cukup sulit ditemukan di kota lain diluar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, apa lagi diluar Pulau Jawa. Namun sobat jangan khawatir, karena tim Gudeg Bu Tjitro 1925 sudah berusaha menjawab permasalahan tersebut dengan cara berinovasi menjadikan makanan khas Kota Budaya ini kini tersedia dalam kemasan kaleng. Jadi sekarang sobat dari seluruh wilayah Indonesia dapat menikmati Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925. Caranya cukup mudah yaitu dengan pesan langsung di website resmi kami GudegBuTjitro1925.com.

Lalu apa lagi hal unik yang sobat tahu tentang Gudeg Jogja sob?
Kalau masih ada yang sobat tahu, silahkan isi di kolom komentar ya sob, biar pembaca lainnya juga semakin tahu fakta-fakta unik tentang Gudeg Jogja.

7 Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta Versi Gudeg Bu Tjitro 1925

Bicara tentang perjalanan ke Jogja rasanya tak ada habis-habisnya. Jogja adalah kota wisata yang menawarkan ratusan tempat menarik yang mana sampai sekarang pun terus bertambah tempat-tempat wisata baru di daerah yang juga mendapat julukan Kota Gudeg ini. Kenangan indah di Jogja akan terasa semakin manis kalau saja kita berada ditempat yang tepat. Lalu dimana nih tampat yang menarik untuk dikunjungi kalau lagi berkunjung ke Jogja?

Oke guys, jangan khawatir squad Bu Tjitro punya referensi yang kece nih untuk temen-temen yang akan travelling ke Jogja.

source: jitunews.com

The Word Landmark Merapi Park.

Merapi Land Mark adalah merupakan tempat wisata yang masih baru di Jogja, wisata yang terletak di wilayah kaliurang ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan sejuk. Sesuai dengan namanya di taman ini kita akan disuguhi banyak spot foto menarik dengan backgrund miniatur landmark dunia seperti Menara Eifel, Menara Condong (Pisa), Kincir Angin Belanda dan masih banyak beberapa landmark menarik lainnya.

source: sportourism.id

Kawasan Wisata Gunung Api Purba

Gunung Api Purna adalah tempat paling menarik bagi kamu yang masih pemula tapi ingin mencoba untuk mendaki gunung, karena gunung api purba kamu tidak perlu mendaki lama untuk sampai di puncaknya. Bagi yang sudah biasa mendaki gunung dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari tempat parkiran kendaraan untuk sampai ke puncak, tapi untuk kamu yang masih pemula rata-rata butuh waktu sekitar 45 menit sampai 60 menit untuk sampai di puncak gunung api purba. Untuk mendapatkan suasana paling seru di gunung api purba adalah sore di puncak yang mana kamu akan bisa menyaksikan sunset dari atas gunung. Waktu paling pas untuk memulai pendakian dari bawah adalah jam 3 sore mulai naik ke atas, sehingga diperkirakan jam 4 kamu dan teman-temanmu sudah berada di atas untuk menyaksikan keindahan alam Kawasan Wisaata Gunung Api Purba.

source: sewamobiljogja.com

‎Taman Buah Mangunan

Taman Buah Mangunan adalah kawasan kebuh buah yang dijadikan tempat untuk wisata di Jogja. Lokasinya berada didataran tinggi menawarkan keindahan tersendiri bagi anda yang menyukai suasana alam diatas dataran tinggi. Di kebun buah mangunan juga kamu akan disuguhkan pemandangan dari atas tebing yang mana bawahnya adalah jurang dan kali yang cukup tinggi. Pada cuaca tertentu kamu bisa menyaksikan awan dibawah tebing (tempat diatas awan) kalau kata anak muda sekarang.

source: maioloo.com

Candi Prambanan

Walaupun niat di awal dipenulisan artikel ini yang ingin direview adalah tempat-tempat yang baru di Jogja tapi rasanya untuk Candi Prambanan walaupun sudah lama tidak bisa kami lupakan dari daftar tempat wisata yang wajib di kunjungi saat sedang liburan ke Jogja. Karena Icon Yogyakarta yang satu ini juga merupakan tempat yang sangat menarik untuk di kunjungi, selain itu suasana di kawasan candi Prambanan yang luas juga membuat kita betah menghabiskan waktu cukup lama disana. Karena banyaknya candi di kawasan Candi Prambanan ini, usahakan datang kesini dalam kondisi tubuh yang fit. Suasanan paling menyenangkan di Candi Prambanan adalah disaat sore atau pagi hari. Usahakan datang diantara dua waktu itu, jangan datang di siang hari karena sangat panas di Candi disiang hari.

Sindu Kusuma Edupark

source: travelspromo.com

Sindu Kusuma Edupark adalah tempat wisata baru dengan bermacam wahana permainan. Yang menarik dari Sindu Kusuma Edupark adalah kincir anginnya yang besar, terbesar kalau di wilayah Yogyakarta.

source: wikipedia.org

‎Taman Sari

Taman Sari juga bukan tempat baru di Jogja tapi suasana khas bangunan kerajaan di Taman Sari ini membuat penulis tertarik tetap mencantumkannya pada daftar ini. Kalau sahabat bu Tjitro pernah nonton video Jalan-Jalan Men versi Jogja, maka disinilah lokasi syutingnya. Di taman sari ini cukup banyak tempat menarik yang bisa dijadikan tempat untuk foto, mulai dari gerbang taman sarinya dengan ukiran-ukiran khas kerajaan, diatas gerbang, dibawah terowongan panjang, diatas menara tempat raja melihat selir-selirnya yang lagi mandi di kolam renang dan di kolam renangnya itu sendiri tidak kalah menarik tempatnya untuk dijadikan latar untuk foto.

source: wisataku.id

‎Pantai Ngobaran

Untuk kamu yang suka ke pantai, pantai Ngobaran Jogja bisa jadi tujuan yang juga nggak kalah menariknya diantara 6 tempat sebelumnya yang sudah disebutkan diatas. Yang menarik dari panti Ngobaran adalah suasana pantai dengan tambahan nuansa seperti Pura dengan ukiran-ukiran khas Bali.  Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai paling menarik diantara pantai-pantai yang ada di Kawasan Gunung Kidul.

Nah sahabat bu Tjitro, itulah tempat-tempat wisata yang menari versi bu Tjitro. Selain tempat yang kami review secara khusus di atas sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain seperti Malioboro, Keraton, Pantai Indrayanti dan lain-lain. Semoga di lain kesempatan bisa kami review juga tempat-tempat lainnya.  Namun kurang lengkap rasanya berkunjung ke Jogjakarta tanpa menikmati makanan khas Yogyakarta, maka dari itu jangan lupa sempatkan mampir ke restoran Gudeg Bu Tjitro 1925 juga ya.

Selamat berlibur.