7 Fakta Unik Tentang Gudeg Jogja

Yogyakarta memang tidak di ragukan lagi dalam hal “Keistimewaannya” karena begitu banyak hal unik yang terjadi baik secara alami maupun secara terencana di kota ini. Kota yang dipimpin langsung oleh Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X ini memiliki icon kuliner yang begitu unik mulai dari rasa, bentuk dan bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas kota Jogja ini. Apa lagi kalau bukan Gudeg. Makanan yang paling melekat dengan nama kota Jogja yang juga mendapat julukan “Kota Gudeg”. Lalu apa saja fakta unik tentang gudeg Jogja ini? Yuk simak berikut adalah 7 fakta uniknya sob.

Sudah Ada Sejak Abad 16

Gudeg Tertua di Yogyakarta

Tahu ngga sob, Gudeg ternyata sudah ada sejak dari abad 16.  Konon eksistensi Gudeg sejak abad 16 sudah ada di kota kerajaan Mataram ini. Mulai dari makanan para warga Yogyakarta, hingga makanan para abdi dalem / penghuni di Kraton Yogyakarta. Nah sob, kalau penasaran gimana rasanya makan makanan orang-orang di kraton, jangan bingung, langsung saja cobain Gudeg.

Terbuat dari Nangka

bahan-dasar-pembuatan-gudeg

Bahan utama Gudeg umumnya ternyata berasal dari nangka muda yang di olah secara khusus lho sob. Nangka muda yang biasanya berwarna putih, setelah diolah menjadi gudeg warnanya akan berubah menjadi cokelat kemerah-merahan sob. Tentu saja dengan bahan yang alami dan aman.

Gudeg Memiliki Gizi Yang Tinggi

7-fakta-paling-unik-tentang-gudeg-yogyakarta

Menurut Mudjiadi Giarto yang merupakan seorang profesor sekaligus peneliti di Pusat Kajian Makanan Tradisional (PMKT), Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM, “Sudah diteliti secara keilmuan, gudeg memiliki banyak kandungan serat baik yang larut maupun tidak larut yang cukup tinggi. Dengan begitu serat akan membersihkan usus besar. Ini mengapa orang Yogyakarta sangat minim menderita kanker usus besar, memperbaiki metabolisme, memperkuat tulang. Fosfor akan membentuk energi. Angka harapan hidup rata-rata di Indonesia adalah 67 tahun. Sementara itu di Yogyakarta angka harapan hidupnya mencapai 77,7 tahun. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi gudeg yang cukup tinggi”, dikutip dari KompasTravel, Rabu (16/11/2016).  Jadi Gudeg ternyata sangat baik sob untuk kesehatan kita semua.

Ada Gudeg Dari Bahan Selain Dari Nangka

gudeg-rebung-jogja
source: panduanwisata.id

Selama ini yang pada umumnya masyarakat secara luas mengetahui bahwa Gudeg hanya berbahan pokok dari Nangka muda. Namun tahu ngga sob, ternyata ada juga lho Gudeg yang dibuat dari bahan pokok selain nangka. Selain dari nangka, ada juga Gudeg yang dibuat dari bahan pokok Rebung atau tunas Bambu muda. Selain dari Rebung ada juga Gudeg Manggar, yaitu Gudeg yang mana bahan pokoknya dibuat dari Manggar atau  Bunga Kelapa yang masih muda.

Gudeg Rasa Rendang

Gudeg Rendang

Gudeg kok rasa rendang? Nah sob yang ini memang sangat unik, kalau Gudeg biasanya rasanya manis berbeda dengan fakta unik yang satu ini. Kini sudah ada inovasi resep gudeg dari rasa original menjadi Gudeg dengan rasa rendang. Dimana tempat untuk mencoba gudeg dengan rasa rendang? Untuk Gudeg rasa rendang ini spesial hanya ada di Gudeg Bu Tjitro 1925 sob. Penasaran seperti apa rasanya? Bisa kok langsung di pesan disini. 

Tersedia Dalam Kemasan Kaleng

Gudeg Kemasan Kaleng Yogyakarta

Gudeg Jogja memang begitu istimewa, namun dibandingkan dengan makanan khas daerah lain seperti rendang dari Padang, bakso dari Malang, maupun pempek dari Palembang, Gudeg termasuk makanan yang cukup sulit ditemukan di kota lain diluar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, apa lagi diluar Pulau Jawa. Namun sobat jangan khawatir, karena tim Gudeg Bu Tjitro 1925 sudah berusaha menjawab permasalahan tersebut dengan cara berinovasi menjadikan makanan khas Kota Budaya ini kini tersedia dalam kemasan kaleng. Jadi sekarang sobat dari seluruh wilayah Indonesia dapat menikmati Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925. Caranya cukup mudah yaitu dengan pesan langsung di website resmi kami GudegBuTjitro1925.com.

Lalu apa lagi hal unik yang sobat tahu tentang Gudeg Jogja sob?
Kalau masih ada yang sobat tahu, silahkan isi di kolom komentar ya sob, biar pembaca lainnya juga semakin tahu fakta-fakta unik tentang Gudeg Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *